ruang guru valuation

Wiki Article

Jika kamu miliki hobi membaca, apalagi tulisan-tulisan nonfiksi, tentu kamu nggak asing lagi bersama dengan makna artikel. Kamu dapat mendapatkan tulisan artikel terhadap rubrik khusus di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang mampu kamu temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, pas ini pun anda tengah membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, namun apa sih yang dimaksud bersama dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan memuat fakta dan opini yang dibikin untuk dipublikasikan di tempat cetak maupun sarana sosial. Artikel memiliki tujuan untuk memberikan inspirasi dilengkapi knowledge dan fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Sebuah artikel dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, disaat membaca Blog Ruangguru, fungsi apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap hal yang kita cobalah untuk sampaikan dalam tulisan, sudah pasti miliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan selanjutnya seandainya teks prosedur yang tujuannya untuk berikan petunjuk, teks eksplanasi untuk menjelaskan sesuatu. Nah di artikel ini kami membicarakan mengenai tujuan berasal dari teks artikel.

Tujuan berasal dari artikel sanggup di memandang berasal dari 2 sudut pandang, yakni target bagi penulis artikel, dan target bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk menyampaikan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil anggapan secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau membicarakan pokok masalah yang telah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk menyebutkan atau membicarakan suatu persoalan cocok bidang pengetahuan tertentu.
Nah itu tadi sebagian tujuan artikel bagi penulis. Sementara itu, tujuan dan manfaat yang di terima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana mendapatkan pengetahuan dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau obyek artikel berasal dari sisi penulis maupun pembaca, sekarang kami pelajari tentang apa saja ciri-ciri artikel, ya! Kamu sanggup mengidentifikasi sebuah teks artikel, jika postingan selanjutnya punyai ciri sebagai berikut:

1. Isi tulisan didalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh postingan dalam artikel merupakan perihal yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel berupa faktual yang bermakna berdasarkan kenyataan dan punya kandungan kebenaran. Serta informatif yang artinya memberi tambahan Info berdasarkan hasil penelitian yang mampu dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau inspirasi yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan ide atau opini penulisnya. Akan tetapi, analisis tersebut dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar mudah untuk diterima pembaca, artikel juga ditulis bersama komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka dari itu artikel juga disebut sebagai tulisan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibuat dengan sistematis

Artikel punyai bagian-bagian spesifik dan ditulis secara sistematis, sehingga pembaca sanggup menyadari isinya bersama mudah.

Nah, setelah anda menyadari pengertian dan tanda-tanda artikel. Kira-kira kamu tertarik nggak untuk membawa dampak artikel? Eiits, namun sebelum itu, anda harus mengerti dulu gimana struktur sebuah artikel.

Hmm, layaknya yang kami tahu, setiap teks tentu memiliki struktur. Dengan mengetahui struktur teks, kita bisa lebih mudah untuk membawa dampak artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi visi misi ruang guru struktur artikel, saya mau kasih tau program persiapan UTBK terlengkap berasal dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner di bawah untuk Info lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, susunan artikel terdiri dari tiga bagian, yakni anggota Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan anggota pengakuan kembali ruang guru olimpiade atau reiterasi. Penjelasannya tersedia di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis
Bagian pada struktur artikel ini berisi deskripsi aktual yang mutlak untuk dijadikan pijakan pembahasan di di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, anggota argumentasi yang ruang guru medan berisi permasalahan yang coba dibahas dan bakal dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan ulang atau Reiterasi

Bagian susunan artikel yang paling akhir yakni berisi kata-kata kunci yang merangkum pembahasan ke didalam bentuk simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitan, type artikel dibedakan jadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengutamakan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, artinya pesan yang disusun sesuai bersama dengan kronologis waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu pernah membaca artikel perihal petunjuk membuat suatu hal atau cara memperbaiki dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu terhitung ke di dalam artikel praktis.


2. Artikel ringan

Hal utama yang dibahas dalam artikel ini ialah persoalan yang ringan dan nggak perlu pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini bersama humor atau berikan kesan menghibur pembaca, tetapi isinya selalu informatif ya.

Jadi, pembaca tidak harus berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu bisa mendapatkan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara lazim seluruh artikel adalah opini. Tapi, model artikel ini cuma ada di di dalam surat kabar atau majalah yang memiliki penempatan khusus, lho. Penempatan tertentu ini terkandung di dalam rubrik apabila kolom opini, tajuk rencana atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, biasanya artikel ini mengupas suatu persoalan secara mendalam, jadi akan lebih baik jika penulis harus memiliki pemahaman dan telah pakar di bidang tersebut.

4. Artikel kesimpulan pakar

Jenis artikel ini bisa dikatakan wujud artikel yang paling “serius” diantara artikel lainnya. Artikel kesimpulan ahli berisi laporan sistematis tentang hasil kajian atau penelitian, apabila skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat terhadap jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa memakai bahasa populer, namun artikel ini harus Mengenakan bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page